Kamis, 28 Februari 2013

Perumpamaan Orang Beriman



1.    Orang beriman yang membaca Al-Quran
“Perumpamaan orang beriman yang bisa membaca Al-Quran adalah seperti buah jeruk yang baunya harum dan rasanya enak.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Musa Al-Asy’ari r.a.)

2.   Orang beriman tidak dapat membaca Al-Quran
“Perumpamaan orang beriman yang tidak (bisa dan mau) membaca Al-Quran adalah seperti buah kurma yang tidak berbau, tapi rasanya enak.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Musa Al-Asy’ari r.a.)

3.   Daya juang orang beriman seperti tunas tanaman
“Perumpamaan orang yang beriman itu seperti tunas tanaman.”
(HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Ka’b bin Malik r.a.)

4.   Kukuh seperti pohon kurma
“Perumpamaan orang beriman itu seperti pohon hijau yang daunnya tidak pernah rontok, yaitu pohon kurma.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Ibnu Umar r.a.)

5.   Tunduk kepada aturan Allah dan setia kepada keimanan
“Perumpamaan orang beriman itu seperti kuda yang ditambatkan pada tongkat penambat, sesekali ia berputar, lalu kembali lagi ke tongkat penambatnya.” (HR. Ahmad dari Abu Sa’id bin Al-Khudri r.a.)

6.   Selalu membela kebenaran meskipun banyak rintangan
“Perumpamaan orang beriman itu seperti tangkai buah gandum yang kadang merunduk dan kadang tegak bersama isinya.” (HR. Ahmad dari Jabir bin Abdullah r.a.)

7.   Selalu bermanfaat bagi lingkungannya seperti parfum
“Perumpamaan teman duduk yang saleh itu seperti orang yang suka memakai parfum.” (HR. Ahmad dari Abu Musa Al-Asy’ari r.a.)

8.   Cermat dan hati-hati seperti lebah
“Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, sesungguhnya perumpamaan orang beriman itu seperti lebah, makanannya baik, simpanannya baik, dan dimana ia hinggap tidak mematahkan dan tidak merusaknya.” (HR. Ahmad dari Abdullah bin ‘Amr bin Al-‘Ash r.a.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar