Kamis, 28 Februari 2013

Do’a – Do’a Yang Dikabulkan


“Ada tiga do’a yang pasti dikabuklan, tidak diragukan lagi, yaitu do’a orang tua, do’a orang dalam perjalanan, dan do’a orang yang teraniaya.” (HR. Abu Dawud dari Abu Hurairah r.a.)

Dari hadist tersebut, Rasulullah Saw. Memastikan dikabulkannya do’a tida orang. Pertama, do’a orang tua untuk anaknya. Maka jangan bosab-bosan meminta do’a restu kedua orang tua kalian ketika berangkat sekolah, mengaji, ujian, bertanding dalam suatu lomba, dan kegiatan yang baik lainnya. Dan tentu saja kalian jangan sampai melakukan sesuatu yang menjadikan kedua orang tua kalian marah dan sakit hati.

Kedua, do’a orang dalam perjalanan, yaitu perjalanan yang halal. Allah menghargai orang yang menempuh perjalanan jauh untuk meraih sesuatu yang diridhai-Nya, seperti menunaikan ibadah haji, menuntut ilmu, bersilaturrahmi, bekerja, serta berdagang yang halal. Jika mereka berdo’a ketika keluar rumah, maka jejak berangkat dan di sepanjang perjalanan, mereka dilindungi oleh Allah dan diampuni dosa-dosanya.
Ketiga, do’a orang yang teraniaya. Seperti orang yang ditipu, dipukuli tanpa salah, difitnah dan dicaci maki. 
Allah sangat marah apabila seseorang menganiaya orang lain tanpa alasan yang benar, meskipun mereka bukan orang yang beriman. Sebagai pembelaan terhadapnya, Allah mengabulkan do’a – do’a yang berkaitan dengan penganiayaan terhadap diri mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar